Anda dapat melihatnya datang dari jarak sejuta tahun cahaya: Seorang pengembang game mengumumkan sesuatu yang jelas-jelas akan membuat marah para pemainnya, lalu seminggu atau dua minggu kemudian mengunggah jpg hitam dengan teks putih yang bertuliskan, dengan satu atau lain cara, ‘Ups! Kami yang salah.’
Begitu pula dengan Apex Legends, yang hari ini membalikkan aspek yang paling tidak populer dari struktur battle pass baru yang diumumkan dua minggu lalu .
Perubahan tersebut kontroversial karena beberapa alasan. Keluhan pertama adalah bahwa Apex sekarang akan mendapatkan dua battle pass yang lebih kecil per musim, bukan satu, yang secara efektif menggandakan biaya tingkatan premium setiap musim. Itu tidak berubah. Keluhan kedua—bagian yang dibalik—adalah bahwa lintasan battle pass premium tidak akan lagi dapat diperoleh dengan Apex Coins, mata uang yang dapat diperoleh dalam battle pass itu sendiri. Sebaliknya, transaksi langsung senilai $10 USD akan menjadi satu-satunya cara untuk membuka tingkatan premium tersebut.
Hari ini, Respawn mengumumkan bahwa mereka akan menghapus bagian khusus USD dari rencana tersebut. Trek battle pass premium akan tetap dapat diperoleh dengan menghabiskan 950 Koin Apex. Karena trek premium tersebut mencakup 1.300 Koin Apex, pemain yang menyelesaikan trek battle pass premium akan dapat menggunakan AC mereka untuk membuka trek berikutnya.
Masih akan ada tingkatan battle pass baru yang hanya menggunakan uang sungguhan, yang sekarang disebut tingkatan Ultimate. Tingkatan Ultimate dasar seharga $10 akan mencakup Paket Apex dan Logam Kerajinan tambahan sebagai fitur buka kunci instan, tetapi tidak akan berisi kosmetik yang tidak bisa Anda dapatkan di tingkatan Premium reguler yang bisa dibuka kuncinya dengan AC.
Perubahan yang tidak dibatalkan—pemisahan battle pass setiap musim menjadi dua—tidak terlalu tidak populer seperti perubahan Apex Coins. Memang benar bahwa memiliki dua battle pass 60 tingkat per musim, bukan satu battle pass 110 tingkat, berarti pemain harus menghabiskan lebih banyak uang untuk membuka jumlah tingkat yang hampir sama, tetapi secara teori mereka akan mendapatkan lebih banyak hal baik sebagai imbalan atas usaha mereka. Respawn mengatakan bahwa mereka akan menghilangkan item yang jarang digunakan, dan bahwa kedua battle pass musim akan menyertakan jenis item bernilai tinggi yang sama (misalnya, skin legendaris) yang muncul di tingkat tertinggi dari salah satu pass musim lama.
Dalam wawancara dengan IGN , direktur game Apex Steven Ferreira mengatakan bahwa perubahan dua per musim dilakukan karena banyak pemain tidak menyelesaikan battle pass sepanjang musim. Idenya adalah bahwa “Anda masih dapat membuka konten dan hal-hal keren dalam jumlah yang sama, tetapi Anda dapat melakukannya dalam waktu 45 hari,” katanya. “Dan Anda mendapatkan kecepatan dan irama keterlibatan yang lebih cepat dan lebih baik dengan Battle Pass selama 45 hari dibandingkan 90 hari.”
Respawn juga mengakui adanya keluhan ketiga, yaitu tampaknya mereka mengutak-atik monetisasi alih-alih menangani masalah yang menjadi perhatian pemain.
“Prioritas Anda adalah prioritas kami: para penipu, stabilitas permainan, dan pembaruan kualitas hidup adalah prioritas utama,” kata studio tersebut dalam pengumumannya. “Kami perlu menjadi lebih baik dan itulah sebabnya kami mengakui mereka di sini.”
Respawn menjanjikan kita akan melihat “sejumlah perbaikan dan perbaikan bug stabilitas permainan” bulan depan saat Musim 22 dimulai. Perubahan tersebut akan dijelaskan dalam catatan patch yang akan diterbitkan pada tanggal 5 Agustus, sehari sebelum dimulainya musim pada tanggal 6 Agustus.